Macam – macam Surat

  1. A.   Surat legal
  • Ø Pengertian surat legal

Surat legal adalah surat-surat yang memiliki kekuatan hukum bisa berkaitan dengan bisnis, dinas maupun pribadi.

  • Ø Jenis-jenis surat legal
  1. 1.      Surat keputusan

Surat keputusan adalah surat yang berisi keputusan pimpinan suatu organisasi berkaitan dengan kebijakan organisasi tersebut. surat legal berfungsi sebagai surat informatif sekaligus sebagai surat persuasif. sebagai informatif, surat keputusan memberi tahu pembacanya mengenai keputusan yang telah dibuat pimpinan organisasi. Sebagai surat persuasif, surat keputusan berfungsi sebagai landasan berindak mereka yang terkena keputusan tersebut.

  1. 2.      Surat tugas

Surat tugas adalah surat dinas yang isinya menugasi seseorang atau sekelompok orang untuk melakukan sesuatu atau menjalankan tugas tertentu. Surat tugas selalu diberikan dari atasan kepada bawahannya.

  1. 3.      Surat kuasa

Surat kuasa adalah surat yang menyatakan pengalihan kekuasaan kepada seseorang untuk bertindak atau berhak bertindak atas nama si pemberi kuasa.

  1. 4.      Surat perjanjian

Surat perjanjian adalah surat yang dibuat oleh kedua belah pihak yang melakukan transaksi dimana melakukan kesepakatan terhadap sesuatu, biasanya menyangkut harga, jenis atau jumlah barang, waktu dan tempat penyampaian.

  1. B.   Surat niaga
  • Pengertian surat niaga

Surat niaga adalah surat yang isinya berhubungan dengan kepentingan-kepentingan perniagaan atau surat yang dikeluarkan oleh badan-badan atau perusahaan-perusahaan dalam rangka menjalankanusahanya.

  • Jenis-jenis surat niaga
  1. 1.    Surat Penawaran

Surat penawaran adalah surat yang berisi informasi keadaan suatu barang/jasa yang hendak dijual kepada calon pihak yang dikirim surat (calon pembeli/pengguna jasa).

  1. 2.    Surat Pemintaan Penawaran

surat yang dikirimkan kepada penjual oleh calon pembeli dengan maksud meminta informasi mengenai harga dan keadaan barang, serta persyaratan mengenai jual-beli barang.

  1. 3.    Surat Pemesanan

surat dari pembeli yang dikirim kepada penjual yang berisi pesanan untuk membeli sejumlah barang atau memesan suatu jasa tertentu.

  1. 4.    Surat Tagihan

Surat yang dibuat oleh penjual atau pedagang (kreditur) yang berisi peringatan/mengingatkan pihak pembeli (debitur) untuk membayar sejumlah uang atas barang-barang yang dibelinya.

  1. 5.    Surat Pengiriman Pembayaran

surat yang dikirimkan pembeli kepada penjual yang isinya memberitahukan bahwa barang telah diterima dan pembayaran segera penuhi sesuai dengan yang telah disepakati.

  1. 6.    Surat Pengantar Barang

surat yang digunakan sebagai pengantar barang dari penjual kepada pembeli atau pengantar paket barang-barang dan sebagainya.

  1. 7.    Surat Klaim

surat pemberitahuan dari pemesan/pembeli kepada penjual, karena barang-barang yang diterimanya tidak sesuai dengan pesanan.

  1. C.   Surat umum
  • Pengertian surat umum

Surat Umum ialah surat yang ditunjukan kepada orang banyak baik dalam suatu organisasi maupun orang diluar oraganisasi yang memiliki maksud seperti mengajak, meminta, pemohonan, dll.

  • Jenis-jenis surat umum
  1. 1.    Surat undangan

Surat undangan merupakan surat yang “memerintahkan” pembacanya untuk menghadiri suatu acara, baik resmi maupun tidak resmi.

  1. 2.    Surat pemberitahuan

Surat Pemberitahuan merupakan surat yang menyampaikan fakta (berupa keputusan atau kejadian) yang dianggap perlu diketahui oleh pembacanya.

  1. 3.    Surat pengumuman

Surat pengumuman merupakan surat yang menyampaikan informasi kepada khalayak ramai.

  1. 4.    Surat edaran

Surat Edaran adalah surat dengan alamat tujuan kolektif yang beredar dari satu tangan ke tangan lainnya dengan cara mengirimkan satu surat untuk semua orang yang dituju (sirkuler) atau semua orang yang dituju mendapat surat yang sama isinya.

  1. 5.    Surat pengantar

Surat pengantar merupakan surat untuk mengantarkan sesuatu.

  1. 6.    Surat memo & nota
  • Memo

Memo yaitu jenis surat yang tidak resmi dan biasanya dikirim dalam ruang lingkup internal suatu organisasi.

  •  Nota

Nota adalah merupakan catatan tentang hal-hal yang harus dilakukan yang bersifat memberi perintah atau hanya memberi informasi.

  1. 7.     Surat janji temu

Surat janji temu merupakan surat yang berisi keterangan mengenai kapan realisasi pertemuan antar dua perusahaan atau lebih guna membicarakan berbagai masalah.

  1. 8.    Surat keterangan

Surat Keterangan adalah surat yang isinya menerangkan seseorang atau suatu hal yang berisi menyangkut aktivitas manusia sehingga surat ini paling banyak dibuat.

  1. 9.    Surat tempahan

Surat yang dibuat untuk keperluan audiensi yang sering disebut surat permohonan audiensi yang tergolong dalam surat janji temu.

10.Surat permohonan

Surat yang dibuat untuk keperluan audiensi yang sering disebut surat permohonan audiensi yang tergolong dalam surat janji temu.

  1. D.   Surat Sosial
  • Pengertian Surat Sosial

Surat Sosial ialah surat yang biasa dibuat ketika seseorang atau instansi ingin mempererat hubungan diantara keduanya. Atau dengan kata lain untuk mempererat hubungan antara keduanya baik dalam kerjasama ataupun silahturahmi ( hubungan bermasyarakat ).

  • Surat Sosial menurut penempatannya terbagi menjadi dua pengertian :
  1. 1.      Surat sosial dalam aktivitas bisnis

Surat sosial adalah surat yang lahir dalam aktivitas bisnis maupun kedinasan yang isinya tidak berkaitan langsung dengan urusan bisnis. Surat sosial berfungsi membangun citra nama baik antar sesama partner.

  1. 2.      Surat sosial dalam lingkup masyarakat umum atau luas

Surat sosial adalah surat yang dibuat oleh lembaga sosial kepada seseorang, organisasi, atau instansi tertentu yang, biasanya, berisi berbagai masalah sosial. yang bertujuan untuk mendapatkan harapan sesuai isi surat tersebut. Misalnya, permintaan sumbangan dan permintaan pada warga untuk bekerja bakti.

  • Contoh-contoh Surat Sosial
  1. 1.      Surat sosial dalam aktivitas bisnis
  • Surat Ucapan Terima Kasih
  • Surat Ucapan Bela Sungkawa
  1. 2.      Surat sosial dalam lingkup masyarakat umum atau luas
  • Surat Undangan Rapat
  • Surat Permintaan Sumbangan
  • Surat Undangan Menghadiri Acara
    • Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Surat Sosial

Dalam membuat surat sosial ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya baik dari bentuk surat itu sendiri maupun kata-kata dalam isi surat tersebut.

Nama Penerima

v  Perlu diperhatikan gelar penerima surat bila ada.

v  Kata sapaan contoh: Bapak, Ibu, dsb

Perihal Surat

v  Tujuan surat harus jelas

Pengirim Surat

v  Surat ditujukan pada penerima mewakilkan perorang atau suatu intansi atau perusahaan.

Isi Surat

v  Penggunaan EYD dan bahasa formal yang mewakilkan semua keinginan dan harapan pengirim,

Legalitas Surat

v  Bila surat ditujukan untuk mewakilkan suatu instansi atau perusahaan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: